Kenangan Foto Lama Keluarga, Saudara dan Nenek

Foto Waktu Kecil saya -tengah-

Bismillah....Melihat foto ini ingatan saya langsung flashback ke puluhan tahun ke belakang. Tidak tahu persis tepatnya tahun berapa saat foto bersama ini, yang pasti masih jelas dalam ingatan adalah suatu peristiwanya, terutama dengan nenek, melihat wajah beliau di foto yang kini sudah tiada mengingatkan masa kanak-kanak saya yang terbahagiakan oleh beliau. Saat dimana bermain-main dan berdekatan dengan manja.

Masih terngiang dalam ingatan ini, nenek pernah berkata kepada saya disela-sela obrolan atau lebih tepatnya disela-sela pertanyaan seorang kholid kecil yang penasaran dengan kehidupan, mencoba menggali pengetahuan pengalaman dari sang nenek. Nenek berkata "Semua manusia bakalan mati". Saat mendengar kata itu, hatiku langsung deg....seakan bumi ini lambat dan semakin hening otak saya berpikir, aku masih kecil tapi tidak bisa membayangkan gimana rasanya kehilangan beliau. "kok Nenenk tiba-tiba bilang gitu :'(" bisik saya dalam hati. Dan kini, memang benar-benar beliau sudah tiada lebih dulu sebelum kakek, kangen kakek juga tapi sayangnya tidak ada dokumentasi dengan almarhum beliau.

Perlu diketahui, untuk mendapatkan foto seperti diatas gak gampang kayak sekarang, harus pergi ke studio foto dulu yang jaraknya tidak dekat, dari rumah ke studio foto bisa sampai dengan becak, jalan kaki bisa saja, tapi kalau malam bisa keburu tutup studio fotonya. Belum lagi saling tunggu dari masing-masing keluarga. Ada dua keluarga dari anak nenek di foto itu, Oh iya kenalin mulai dari kanan cewek itu kaka saya nama 'Solekah' dan yang cewek kecil di depannya itu adik saya namanya 'Maesaroh' dan kebetulan yang paling strategis itu posisi saya 'Kholidun' hehe, samping saya itu saudara dari anaknya adik Ibu saya 'Dodon' panggilannya, nama lengkapnya 'Waenudin' (gak nyambungkan nama dan panggilan...haha). Dan yang belakangnya Dodon itu ibunya, adik dari Ibu saya atau bibi biasa dipanggil 'Kang Eni' oleh anak-anak ibu saya, beliau sedang menggendong anaknya yang bernama 'Dianah'.

Kurang tahu momen apa foto itu diambil, karena jelas tidak mencangkup semuanya, tebakan saya sih mungkin kenangan 'kang Eni' sebelum berangkat bekerja ke luar negeri, Intinya apapun itu kenangan itu akan selalu terkenang baik bersama nenek, saudara maupun kelauarga. Jadi kangen bisa kumpul keluarga besar lagi hiks, sudah lama keluarga besar tidak kumpul serempak, terakhir kumpul hanya waktu kakek-nenek meninggal. Setelah itu nihil,kumpul keluarga besarpun hanya sebagian saja yang datang. Semoga Allah kumpul kita di dunia dan di akhirat pula di surga-Nya kelak, Amiin. 

Comments

  1. Aamiin.. Begitu terlihat jaman dulu banget ya fotonya. Tapi itulah dulu, tidak seperti sekarang sekali foto tidak perlu di cetak, langsung upload. Tapi kenangan masa kecil memang sangat berarti, apalagi bersama keluarga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Panahan Horsebow, ternyata ada yang dari Jawa

Poin Sukses Sebelum Lulus Kuliah

Menjadi Motivator di Youth Center (Momen PETA El-Rahma 2014)