Menjadi Motivator di Youth Center (Momen PETA El-Rahma 2014)

PETA STMIK EL-RAHMA 2014 'Youth Center'


01kholid.blogspot.com - Ketika bingung tulisan apa yang akan mau saya buat, saya coba aduk-aduk isi memori kepala ini dari mulai membuka memori lama, akhirnya ketemulah kenangan paling mengesankan, muncul bayangan waktu masih semeseter 3 aktif di UKM ETC, saya dan kawan-kawan seperjuangan pernah mengisi motivasi untuk mahasiswa baru angkatan 2014. Kenangan itu ditambah dengan penguat foto-foto yang terlihat mengesankan secara pribadi ketika di Youth Center bersama ratusan mahasiswa baru, kala itu saya berdiri di depan mereka, menguasai panggung dan membakar semangat mereka.

Pengenalan Biografi

Kampus STMIK EL-RAHMA maupun kampus-kampus lainnya sudah jadi agenda wajib untuk BEM -di elrahma dulu namanya masih SENAT menyelenggarakan Orientasi kampus atau umum disebut OSPEK, kampus EL-RAHMA OSPEKnya dinamakan PETA kepanjangan dari PEKAN TA'ARUF. Saya masuk kuliah dan ikut OSPEK di tahun 2013, kemudian pada tahun 2014 saya ng-OSPEK angkatan baru, mahasiswa baru seperti biasa semangatnya juga baru termasuk saya, apapun UKM yang menarik saya ikuti termasuk SENAT, karena di SENAT ikut di kepanitiaan PETA juga turut ikut, dari bermacam banyak kegiatan yang diikuti itulah sehingga menjadikan saya panitia tervaforit ketika di akhir acara ada selingan pemilihan panitia, jadi kesan tersendiri dalam hidup.
Alhamdulillah PANITIA terfavorit - versi peserta

Dari berbagai UKM yang saya ikuti di kampus, salah satunya mendorong saya untuk mengisi motivasi acara tersebeut, kebetulan ada UKM yang khusus dibidang training center, namanya ETC (El-Rahma Trainig Center). Waktu itu yang menjadi ketua adalah mas Rahmono, yang sekarang ketika saya nulis adiknya beliau menjadi kader saya di UKM lain. Untuk mengisi bagian dari acara PETA, ETC diminta untuk mengisi acara tersebut, dengan semangatnya mas Rahmono meng-iyakan permintaan panitia bagian acara PETA dan langsung mengkoordinir anggotanya yang mau untuk ikut, saat kebetulan yang tercatat aktif dan mau mencoba adalah saya, Hesti, Nuha, dan Mirna.

Revolusi oleh Mahasiswa tahun 1996


Menjadi pengalaman baru buat saya dan mengesankan sampai sekarang, dalam langkah belajar saya dan teman-teman berani mencoba, meskpun diperparah dengan waktunya yang sangat mepet, soalnya hanya selang beberapa minggu saja baru diminta. Kami harus latihan beberapa kali untuk memantapkan diri sempat beberapa kali latihan banyak kritik dan saran khususnya buat saya, yang paling saya ingat waktu itu saya baru belajar jalan saja masih banyak salahnya, yang paling kritis dan mengerti dengan pengalmannya adalah si Hesti, makanya beruntung sekali punya kawan sehebat dia.

Semakin dekat dengan hari -H- PETA semakin cemas pula kami semua, terakhir latihanpun sudah ditetapkan dengan kesepakatan bersama terpaksa gladi bersih akan di laksanakan malam hari di pendopo dekat kampus, pendopo yang kali pagi dipakai untuk angkringan. Ternyata dengan diskusi via facebook yang panjang keputusannya tidak dilakukan gladi bersih malam hari, kita belajar di tempat masing-masing. Alamat saya secara pribadi seperti tidak bisa bergerak dan melakukan apa-apa dengan keputusan di grup facebook itu, waktu itu tahun belum maraknya grup whatsapp seperti tahun 2017 sekarang.
Play Video

Bismillah dengan tekad yang kuat besokpun dijalani, ketika tiba dipenghujung acara, setelah sambutan-sambutan ketua STMIK dan sebagainya mulailah satu persatu diantara kami maju, Alhamdulillah skenario Allah sangat cantik waktu itu, dengan persiapan yang kurang ternyata terkondisikan waktu itu durasi pembicara hanya 45 menit jadi masing-masing dibagi hanya dapat 10 menit, meski kesepakatan sebelumnya harus menyampaikan selama 20 menit atau mnimal 15 menit. Dengan kondisi yang seperti itu Alhamdulillah bagi saya sesuai dengan materi ketika maju, 10 menit tersampaikan semua.
Sumpah Mahasiswa Indonesia Bersumpah!
Penyampaian pertama saya bawakan ke poin mahasiswa sebagai 'Agen of Change', kemudian ditambah lagi saya tampilkan revolusi yang mengubah politik Indonesia pada tahun 1996 yang pelopori oleh mahaisiswa, dari situ saya membakar semangat mereka dengan 'Sumpah Mahasiswa'. Setelah poin pembakar tadi saya tambahkan yang tidak kalah penting dengan materi semangat api dari sang penakluk Andalusia, kemudian saya akhiri dengan pertanyaan siapa tokoh penakluk Andalusia yang saya jelaskan di depan, anak yang berani menjawab itu ternyata kini menjadi teman seperjuangan dalam lembaga dakwah kampus, yaitu akh Nopezi. Atas jawaban tersebut dia mendapat dooprize buku.
Sesi Tanya Jawab

Setelah selesai, barula teman saya yang luar biasa, ukhti Hesti selaku penyampai terakhir menjadi klimaks dari motivasi acara PETA, dengan penyampaiannya penuh semangat dan khas peserta mampu dibuat ketawa-ketawa dan membangkitkan semangat mereka. Kepiawaiannya pantas diacungi jempol termasuk piawai mengoreksi cara saya berjalan, tanpa diajarkan dia mungkin orang-orang akan ketawa melihatnya. Pengalaman ini masih tercatat dalam memori saya, dan tulisan ini belum tertuangkan semuanya jika diantara kita yang mengalami kesan yang sama bercerita bersama, semoga Tuhan berikan kesempatan untuk menggali momen ini dimanapun kita berada. Salam El-Rahma Traingin Cener mas Rahmono, Hesti, Mirna dan Nuha you are is The Best.

Outbond PETA

Beberapa Foto Pendukung 

Berkelompok, nunggu makan 

Cek Persyaratan

PJ Outbond


Mengaji
Duduk Bareng Andinugraha.com, waktu itu dia -kanan- sebagai perwakilan dari ERAPALA (MAPALA-nya El-Rahma)

Pembekalan Peserta PETA, pas pengenalan panitia kebtulan bagian dokumentas lagi foto saya :D







Comments

Popular posts from this blog

Teknik Panahan Horsebow, ternyata ada yang dari Jawa

Poin Sukses Sebelum Lulus Kuliah